Selamat Datang

Selamat Datang di blog Saya, Sebuah Blog yang berisi tentang informasi umum di sekitar kita. Selamat berselancar di Blok Kaca-kaca-Laros saya.

Kamis, 19 Mei 2011

Manfaat Bila 1/3 di Malam Kita Gunakan Tuk Bersujud Kepada Allah (Sholat Tahajjud)

"Selepas tengah malam, alam mula bersinar kembali dengan warna putih, merah jambu dan seterusnya ungu di mana ianya bersamaan dengan frekuensi kelenjar pineal, pituitari, talamus dan hipotalamus. Tubuh sepatutnya bangkit kembali pada waktu ini dan dalam Islam waktu ini dipanggil Qiamullail"


Masih ingat petikan diatas, dimana selepas tengah malam patutnya tubuh bangkit pada waktu itu, sebagaimana tertuliskan dalam Al Qur'an : 

"Dan pada sebagian malam bertahajjudlah dengannya sebagai tambahan bagimu mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (Surat al-Isra’, ayat 79)"

Sholat Tahajjud adalah salah satu dari sholat sunnah yang diajarkan Nabi, bahkan hampir wajib! dan bermanfaat untuk menutupi kekurangan-kekurangan sholat wajib kita, dan mudah mudahan Allah SWT menjadikan pahalanya sebagai penutup kekurangan sholat sholat wajib kita. Shalat ini juga dinamakan Shalat Lail/Shalat Malam, karena ia dilaksanakan di waktu malam yang sama dengan waktu tidur. Shalat ini terdiri dari dua sampai dengan delapan rakaat. Sholat Tahajjud haruslah kita lakukan secara kontinyu dan rutin, Insaallah ibadah yang kita laksanakan secara rutin dan kusyu' akan memberikan mafaat-manfaat untuk kita anatara lain :
  • Manfaat yang Pertama adalah memperoleh Maqomam Mahmudah, yaitu posisi kita yang menguntungkan. Misalnya kita rugi dalam aktifitas jual beli karena kita lalai dan tertipu, belum tentu itu rugi karena sudah tertipu, mungkin dengan rugi tersebut, nyawa kita selamat dari rencana pembunuhan... siapa yang tahu? Dan maqomam mahmudah ini bisa bermacam macam bentuknya, seperti kesehatan, rizeki, pekerjaan, kebahagian, ketetangan, dan semua yang mengenakkan pelaku Sholat Tahajjud dan Insya Allah, Allah ridho dengan itu semua.
  • Untuk ditetapkan jalan masuk yang baik dan jalan keluar yang baik. Kadang kadang kita tidak tahu apakah jalan keluar atau jalan masuk yang baik itu. Namanya saja manusia, mana bisa tahu.. namun sekali pelaku Sholat Tahajjud itu melangkah dan mengambil keputusan bahwa itu adalah jalan keluar yang baik... maka Insya Allah, Allah akan membantunya... begitu juga sebaliknya... jika jalan tersebut adalah jalan masuk yang baik.. Insya Allah, Allah akan membimbingnya... Jelas ini dilebihkan oleh Allah... namun harus diingat belum tentu lebih itu banyak... bisa lebih itu adalah sedikit, karena Allah masih menangguhkan hingga datangnya waktu yang tepat!
  • Untuk pembinanan mental spiritual... karena waktu yang panjang dan lama... sehingga ketika kita membaca takbiratul ihram, maka seperti kita menekan tombol phone kepada Allah dan disitu terjadi dialog antara hamba kepada Sang Khaliq... (kalau bisa baca surat yang panjang panjang) sehingga seolah olah kita sedang membacakan ayat-ayat-Nya dihadapan Allah, dan Allah sudah pasti sangat suka mendengarkanya. Sebagaimana seorang penyanyi... punya lagu hits, dan seorang penggemar melagukanya... betapa senang hati sang penyayi itu.. dan Allah bahkan lebih senang lagi dengan hamba tersebut... Insya Allah.
Mudah-mudahan kita termasuk para pelaku Sholat Tahajjud yang kelak di tempatkan dietmpat yang terpuji oleh  Allah SWT kelak dan menjadikan kita makhluk yang selalu pandai bersyukur dalam kondisi apapun itu, aamiin ya rabb.

0 komentar:

Posting Komentar

------------------------------------// --------------------------------------------------//