Selamat Datang

Selamat Datang di blog Saya, Sebuah Blog yang berisi tentang informasi umum di sekitar kita. Selamat berselancar di Blok Kaca-kaca-Laros saya.

Rabu, 11 Mei 2011

Mengerikan, Inilah Akibat jika Jika Kita Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Dalam Ilmu kesehatan, pakar kesehatan sering kali menyarankan kita di waktu sehat minumlah Air putih secara rutin 8 Gelas atau setara dengan 2 liter setiap hari. Secara tidak sadar kita bertanya - tanya, kenapa harus 2 liter tiap hari? Mungkin kita akan minum air putih di waktu sesudah makan ataupun sehabis berolah raga berat. Tapi apakah itu mencukupi kebutuhan air dalam tubuh kita? Untuk menjawab itu semua akan saya bahas pentingnya mengkonsumsi air putih 2 liter sehari.


Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi seorang perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.

Bisa dibayangkan jika tubuh kita kekurangan cairan berupa air, tentunya organ-organ tubuh kita akan kekurangan dalam konsumsi air. Bagaimakah jika yang kekurangan air adalah otak?? Maka yang terjadi adalah otak kering.., ngeri banget. Terus dengan darah?? Bisa diprediksi darah kita akan mengental bila kurang air..

Akibat mengentalnya darah ini, maka dalam proses perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer. Saat melewati ginjal (ginjal : tempat menyaring racun dari darah) Ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Akhirnya kelamaan saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan uang 400.000 rupiah bahkan lebih seminggu untuk cuci darah.

Kali ini kita membahas perjalanan darah ke otak, saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi "encer", dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini kadang bisa membuat kepala kita terasa pusing dalam kondisi beraktifitas yang memerlukan kerja keras otak. Bila ini dibiarkan dalam jangka panjang, bisa menyebabkan penyakit Stroke.

Jika kuliah di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu.

Selayaknya kita memulai mengkonsumsi air putih secara teratur 8 gelas sehari. Tinggal kita yang menentukan pilihan, rutin menjaga konsumsi air putih agar kita terhindar dari penyakit kronis atau penyakit yang akan menggerogoti tubuh kita..

0 komentar:

Posting Komentar

------------------------------------// --------------------------------------------------//