Selamat Datang

Selamat Datang di blog Saya, Sebuah Blog yang berisi tentang informasi umum di sekitar kita. Selamat berselancar di Blok Kaca-kaca-Laros saya.

Senin, 06 Juni 2011

Makanan Yang Diharamkan dan Makanan yang Wajib Dikonsumsi Bagi Pengidap Insomnia


Insomnia (Sulit Tidur) Adalah semacam penyakit susah tidur yang menjangkit pada  mnusia   Sangat meresahkan pada usia produktif yang memang menuntut sehat dan bugar dalam beraktifitas sehari-hari. Tentunya kita akan gusar dan resah karena masalah kurang tidur ini. Dimasa kecil, kita membtuuhkan waktu tidur selama 8 jam, berkurang pada usia dewasa yang membutuhkan waktu tidur maksimal 7,5 sehari 

Selain masalah psikologi (stres), banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Minuman yang mengandung Kafein, semisal kafein sangat tidak tidak dianjurkan dikonsumsi oleh pengidap susah tidur. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang menjadi faktor seseorang tersebut mengalami susah tidur :

Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi merupakan faktor utama untuk membuat seseorang sulit tidur, bagi orang yang sering kerja malam, kopi merupakan doping bagi mereka agar terjaga dalam pekerjaannya. Padahal minuman ini berdampak buruk untuk kegiatan tidur kita.Selain Kopi, coklat, teh dan soda jangan dikonsumsi secara rutin dan berlebihan, karena bisa menyebabkan kita sulit tidur

Makanan Asam dan Pedas

Kedua jenis makan tersebut dapat membuat usaha anda untuk tidur gagal karena mereka dapat membuat perut anda terasa panas dan nyeri, terutama yang memiliki riwayat maag. "Kenapa bisa begitu pada saat menjelang tidur ?" Saat kita merebahkan diri membuat rasa nyeri dan panas akan semakin bertambah hebat, hal ini akan membuat kita sangat sulit untuk tidur.

Makanan dan minuman diatas sudah selayaknya kita hindari agar tidur kita tidak terganggu. Selain menghindari makanan dan minuman diatas dianjurkan mengkonsumsi Makanan yang dapat merelaksasi otot yang tegang, menenangkan pikiran dan mengaktifkan hormon untuk membantu Agan tidur yaitu serotonin dan melatonin. Berikut adalah makanan yang membuat tidur kita nyenyak :
Keju Yang Lembut

Pilihlah keju yang lembut. Makanan ini mengandung sumber protein yang sempurna dan asam amino triptofan yang mampu membantu Anda meningkatkan kualitas tidur. Protein Kasein yang ada pada keju lembut akan mendistribusikan asam amino ke jaringan otot beberapa jam setelah Anda konsumsi. Konsumsi keju lembut dengan satu sendok mentega almond alami. Ini akan membantu Anda mendapatkan istirahat yang lebih baik. 

Oatmeal (Bubur Gandum) 

Kebanyakan orang mengonsumsi makanan ini saat sarapan pagi. Akibatnya jarang yang melihatnya sebagai panganan untuk malam hari. Padahal kandungan Serotonin yang ada pada oatmeal memberikan efek tenang dan mampu mengurangi stress. Sebelum Anda tidur makan oatmeal dicampur dengan irisan apel, kemudian tambahkan kayu manis dan susu kental. Pasti tidur Anda akan lebih baik. 

Kacang atau Selai Kacang 

Makanan lain yang bisa dikonsumsi adalah kacang tanah atau selai kacang alami. Kacang merupakan sumber makanan yang kaya akan Niacin, nutrisi yang mampu melepaskan Serotonin dari tubuh. Namun Anda harus tetap konsumsi makanan ini dalam kadar yang normal. Karena kacang memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi. Dengan kadar yang wajar, kacang pun bisa menjadi menu untuk diet. 

Susu Hangat 

Yang diketahui kebanyakan orang adalah minuman hangat membuat perasaan lebih tenang. Untuk susu sendiri, bukan hangat yang memberikan efek tenang tersebut, melainkan kandungan asam amino triptofan yang ada pada susu. Selain itu susu juga mengandung kalsium yang baik. Kalsium membantu manusia mengatur produksi melatonin, zat yang secara alami mengatur siklus bangun-tidur manusia.
Minum susu hangat dengan satu sendok madu, ini akan membantu ada merasa tenang juga mengurangi stress. 

Buah Anggur 

Buah ini memiliki kandungan hormon melatonin yang membantu Anda tidur. Dengan mengonsumsi anggur secara teratur dapat membantu Anda mengatur siklus bangun dan tidur secara alami. Buah ini pun membuat Anda terlelap lebih cepat setiap malamnya. 

Buah Pisang 

Pisang seperti obat tidur alami. Selain mengandung melatonin dan serotonin dalam jumlah kecil, pisang juga mengandung magnesium, bahan yang dapat merangsang relaksasi otot.

Itulah beberapa makanan dan minuman bagi anda yang menginginkan tidur dengan nyenyak  layaknya seorang baby dimalam hari, semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

------------------------------------// --------------------------------------------------//