Selamat Datang

Selamat Datang di blog Saya, Sebuah Blog yang berisi tentang informasi umum di sekitar kita. Selamat berselancar di Blok Kaca-kaca-Laros saya.

Jumat, 02 Agustus 2013

Manfaat Berpuasa Selama di Bulan Suci Ramadhan


Marhabban  Ya Ramadhan, slogan atau kata-kata itulah yang sering kita saksikan ataupun dengar di berbagai media informasi. Mungkin bagi sebagian umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa, kurang faham mengenai faedah atau manfaat puasa selama bulan suci ini. Selain puasa dalam ilmu kedokteran memiliki banyak kegunaannya, dalam agam Islam pun kita akan mendapatkan banyak sekali keutamaan yang berlimpah.

Rosulullah memperingatkan bahwa puasa mempunyai banyak manfaat, diantaranya adalah pahala dilipatgandakan, tubuh akan lebih sehat dan panjang umur, serta terhindar dari perbuatan buruk. Anjuran tersebut memang dilaksanakan dengan sebaik - baiknya oleh umat islam didunia, karena menjadi manfaat penting bagi diri sendiri.

Ketika melaksanakan puasa, makan sahur di waktu malam menjelang pagi, dan berbuka puasa lambung akan mencerna makanan secara lambat sehingga dalam pencernaan manusia akan lebih sehat karena menyerap makanan dengan baik. Sehingga orang akan mendapatkan perpanjangan umur lebih panjang daripada orang yang tidak menjalankan ibadah puasa.


Orang akan melaksanakan puasa dirumah sebelum melakukan aktivitas bekerja. Karena dengan rumahlah orang bisa menikmati kehidupannya dengan keluarganya secara baik. Sehingga dalam menjalani puasa tidak akan ada gangguan yang bisa membuat batal puasa.


Karena dengan berpuasalah orang bisa menghargai sesuatu dari segala hal. Makanan, kesehatan, serta bisa menjadikan dirinya sendiri bisa lebih bugar. Olahraga adalah hal utama untuk menghilangkan rasa mengantuk dalam tubuh manusia. Sehingga untuk mendapatkan manfaat yang penting bagi tubuh manusia seseorang harus melakukan aktivitas yang bisa membakar kalori. Sehingga bisa melaksanakan aktivitas secara sehat dan tidak mengantuk.


Kemudian bagaimana manfaat puasa di bulan ramadan ini. Beberapa manfaatnya adalah ,

 

Memperpanjang Umur
Dalam pencernaan yang lambat akan mendapatkan manfaat berupa menambah umur bagi seseorang yang berpuasa di bulan ramadan. Karena dalam pencernaan akan melambat karena puasa, sehingga untuk mencerna makanan akan lebih banyak daripada tidak puasa. Untuk itu menjadikan diri sendiri lebih baik dalam segala hal maka puasa akan menjadikan panjang umur untuk seluruh umat islam di dunia.
 

Dilipatgandakan Pahalanya
Seseorang yang berpuasa di bulan ramadan bisa mendapatkan manfaat pahala dilipatgandakan. Setiap ibadah yang di kerjakan akan mendapatkan pahala yang lebih banyak saat bulan puasa. Jika anda solat maka akan mendapat pahala 1 kali, namun bila di bulan ramadan akan mendapatkan pahala lebih banyak sekitar dikalikan hingga 70 kali lipat. Sehingga untuk mendapatkan pahala yang lebih banyak akan mendapatkan pahala yang lebih besar pula.
Terhindar Dari Perbuatan Buruk

Orang yang sering puasa selain bisa menambah umur bila sudah tua nantinya puasa dapat terhindar dari perbuatan yang buruk. Orang puasa menahan segala hal yang berhubungan dengan makanan, minuman, dan godaan semua hal yang membatalkan puasa. Sehingga dalam berpuasa orang akan mendapatkan perbuatan baik dari semua orang karena mereka sudah berbuat baik kepada sesama.

 

Diet
Berpuasa bisa mendapatkan diet secara sehat, karena dengan berpuasa bisa mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang tidak berlebihan. Sehingga akan menadapatkan diet yang sehat, dan bisa membuat tubuh kembali normal seperti semula. Dengan diet maka tubuh akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, sehingga bisa terlihat lebih pas dalam mendapatkan tubuh ideal 


Semoga artikel ini bisa menjadi motivasi kita untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar

------------------------------------// --------------------------------------------------//